PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Distribusi Benih Sukun Iriana Kepada Masyarakat




  Seyogyanya, sukun merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat berpotensi sebagai tanaman pangan di Papua barat. Tanaman ini sudah lama dikonsumsi seperti tanaman pangan ubi-ubian. Sukun di Papua Barat memiliki kekhasan dalam hal rasa yang enak dan teksturnya yang sangat gurih, serta ukuran buahnya yang besar. Papua Barat telah merilis sebuah varietas sukun yang diberi nama” Sukun Iriana” Tanaman ini akan terus dikembangkan untuk ketahanan pangan dan keperluan industri pangan di Papua Barat. 

Setelah benih sukun yang diproduksi memenuhi kriteria untuk dipindahkan tanam ke lapangan maka benih-benih tersebut akan didistribusi kepada masyarakat secara gratis. Pada 12 Agustus 2019 yang lalu telah dilaksanakan penyerahan benih sukun kepada masyarakat atas permintaan masyarakat yang bersurat ke BPTP Papua Barat. Adapun agenda kegiatan pada 12/08/2019 tersebut antara lain: 1) Penyerahan Benih Sukun 2) Penandatanganan berita acara serah terima (BAST); 3) Penanaman benih sukun di pelataran Balai Kampung. Acara ini dilaksanakan di Balai Kampung Bremi Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari, Papua Barat yang dihadiri oleh Kepala BPTP Papua Barat dan staff terkait, sedangkan dari pihak kampung diwakili oleh Sekretaris Kampung Bapak Musa Salabai dan beberapa warga kampung Bremi.

Penerima benih sukun yaitu warga Kampung Bremi yang berjumlah 43 kepala keluarga. Jumlah benih yang diserahkan sebanyak 45 pohon dengan rincian sebagai berikut: Dua pohon ditanam di balai kampung sedangkan empat puluh tiga lainnya akan ditanam di pekarangan rumah warga masing-masing. Diharapkan benih sukun yang telah diberikan dapat tumbuh dengan baik dan pada waktu mendatang dapat menjadi salah satu sumber pemenuhan gizi keluarga.