PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Bimtek Sistem Tanam dan Pemupukan Spesifik Lokasi Jagung




 Tujuan kegiatan bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap dari petani yang terlibat dalam kegiatan pendampingan Indeks Pertanaman (IP) di Papua Barat. Di mana kegiatan pendampingan IP pada tahun 2019 mencakup dua lokasi, yaitu distrik Oransbari dan Ransiki, Manokwari Selatan. Acara bimtek dihadiri oleh petani kooperator berjumlah 20 orang. Susunan acara bimtek terdiri dari acara pembukaan, sambutan dan pemberian materi bimtek, diskusi, dan penyerahan benih Jagung Bisma dan Lamuru dari BPTP Papua Barat kepada petani kooperator. 

Pembukaan bimtek diawali oleh sambutan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat. Dalam sambutannya, Kepala Balai menyampaikan tugas BPTP dalam mendampingi kegiatan strategis Kementerian Pertanian. Bimtek ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pemahaman teknis tentang pentingnya inovasi teknologi bagi peningkatan produksi pertanian. Bimtek ini kami arahkan kepada komoditas jagung yang merupakan komoditas pendukung di koperasi Ebier Suth. Untuk kedepan BPTP akan mendukung inovasi untuk pengembangan komoditas kakao dan jagung di Manokwari Selatan secara lebih intensif lagi.  

Peserta bimtek menunjukkan antusiasme yang tinggi pada kegiatan ini. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan yang mereka hadapi dalam budidaya jagung. Ada petani yang mengemukakan bahwa mereka sama sekali belum menggunakan pupuk. Dan menyadari bahwa hasil tanaman yang mereka peroleh masih kurang baik. Mereka memahami pentingnya menggunakan pupuk secara tepat bagi tanaman. Mereka berharap pendampingan dari BPTP dalam usahatani mereka dapat meningkatkan provitas jagung yang mereka hasilkan.