PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua Barat

Laboratorium Pengujian Pascapanen BPTP Papua Barat




Laboratorium ini dibangun pada tahun 2016 dan pengadaan alat-alat laboratorium dan uji coba dilakukan pada tahun 2017. Laboratorium saat ini sedang dalam proses akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk memenuhi persyaratan sebagai laboratorium pengujian yang validitas hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Laboratorium ini merupakan fasilitas yang akan menyediakan pelayanan pengujian bagi instansi/lembaga dan masyarakat umum di bidang kimia-biokimia pangan.

Secara spesifik pengujian yang dilayani terdiri dari pengujian kadar air, kadar abu, kadar protein, dan kadar lemak/minyak untuk produk-produk pangan dan hasil pertanian. Namun demikian, laboratorium juga melayani pengujian kimia-biokimia pangan yang lain apabila sumberdaya memungkinkan (diperlukan konsultasi terlebih dahulu). Sampel atau contoh analisis dapat diantar langsung atau dikirim melalui jasa pengiriman.

Untuk biaya layanan adalah sebagai berikut:

Harga Umum

Kadar Air  : Rp. 20.000 / contoh

Kadar Abu  : Rp. 25.000 / contoh

Kadar Lemak/Minyak : Rp. 60.000 / contoh

Kadar Protein  : Rp. 110.000 / contoh

Harga Mahasiswa

Kadar Air  : Rp. 10.000 / contoh

Kadar Abu  : Rp. 12.500 / contoh

Kadar Lemak/Minyak : Rp. 30.000 / contoh

Kadar Protein  : Rp. 55.000 / contoh

Untuk biaya di atas belum termasuk biaya administrasi dan ongkos kirim bagi pelanggan yang melakukan pengiriman contoh/sampel dari luar kota atau daerah. Untuk lama pengujian tercepat adalah 5 hari kerja.